8 Makanan Khas Jogja Ini Dijamin Selalu Bikin Kangen Jogja

8

Advertisement
Jogjakarta
Jogjakarta

Kota Yogyakarta atau kota yang akrab disebut Jogja ini, adalah kota dengan seribu kenangan. Setiap sudut Jogja  selalu berhasil membuat siapapun yang singgah,  dibuat betah juga rindu. Bahkan sampai ingin  menetap dan tinggal disana.

Selain pemandangannya yang indah dan juga  asri. Masyarakatnya yang masih asli dan keramahan jogja itu sendiri. Jogja selalu membuat semua yang pernah datang merasa dejavu seakan pernah kesana sebelumnya.

Entah wisatawan asing atau lokal, semua pasti akan berkata betapa ramahnya Jogja bagi mereka. Panorama alam yang  indah serta budaya Jawa yang begitu kental dijaga keasliannya . Membuat jogja  tidak hanya memenangkan hati para penikmat wisata , tetapi juga masyarakat dunia. 

Jogja dinobatkan Sebagai kota Pariwisata paling ramah bagi wisatawan dari mancanegara. Selain menawarkan wisata alam dan juga budaya yang tak ada habisnya. Jogja juga menawarkan wisata kuliner yang sangat sayang bila dilewatkan

Meski mendapat julukan kota Gudeg, namun nyatanya masih banyak makanan khas jogja lain yang jauh lebih nikmat dari hanya sekedar gudeg. Makanan- makanan ini layak  untuk dicoba bagi yang baru pertama kali ke sana.

Beberapa dari kuliner ini konon katanya hanya   bisa ditemui di Jogja saja. Bahkan bisa dibilang   jika  keluar Jogja rasanya sudah pasti  beda.

Nah apa saja kuliner tersebut ? Simak Ulasannya berikut ini

1.Oseng – Oseng Mercon

oseng mercon
oseng mercon

Untuk penggemar kuliner pedas , makanan khas Jogja yang pertama harus dicoba adalah oseng- oseng mercon . Kuliner yang satu ini terbuat dari tetelan sapi berupa jeroan, ati , kikil, kaki sapi dan bagian sapi lainnya.

Semua bagian sapi itu emudian dimasak dengan cara ditumis  atau dioseng dengan jumlah cabai yang sangat banyak. Sehingga  membuat kuliner ini memiliki  level pedas yang cukup menakutkan.

Bahkan konon katanya rasanya bisa membuat siapapun yang makan merasa terbakar seperti terkena mercon. Maka dari itu makanan ini di sebut oseng – oseng mercon. Alasannya bukan hanya karena level pedasnya yang luar biasa. Tapi juga sensasi terbakarnya yang tidak ada habisnya.

Meski terbilang sangat pedas, tapi penikmat kuliner ini tidak pernah berkurang. Bahkan ada yang jauh – jauh ke Jogja hanya untuk mencoba makanan khas Jogja yang satu ini.  

Karena tingkat kepedasan yang cukup tinggi , membuat oseng- oseng mercon hanya bisa dinikmati bersama nasi dan juga dianjurkan meminum susu untuk meminimalisir rasa pedas yang terasa.

Salah satu penjual oseng- oseng mercon yang sudah cukup terkenal di Jogja adalah oseng- oseng mercon Bu Narti. Yang telah berdiri sejak tahun 1977 di Kota Jogja.

Berawal dari warung tenda yang sederhana di pinggir jalan. Warung oseng mercon Bu narti kini berkembang menjadi rumah makan yang memiliki banyak pelanggan.   Yang pada akhirnya membuat oseng-oseng mercon ini lebih dikenal  dengan nama oseng mercon Bu narti.

2.Sate Klatak

sate klatak
sate klatak

Makanan khas jogja selanjutnya adalah sate klatak, yang cukup terkenal diantara penggemar sate . Memiliki nama yang diambil dari bunyi daging yang menyentuh bara api yaitu “klatak- klatak”.

Sate klatak bisa dibilang adalah salah satu kuliner  yang cukup unik dari Jogja.  Karena sate ini tidak memakai tusuk sate dari kayu. Melainkan memakai jari-jari roda sepeda atau yang biasa disebut ruji. Dari tusukan yang dipakai saja. Sudah membuat sate ini  jadi terlihat  lain daripada yang lain.

Tujuan dari pemakain ruji sebagai tusakan sate adalah, agar daging yag dibakar jadi lebih mudah matang. Batangan ruji yang terbuat dari besi membuat panas jadi menyebar sempurna pada daging.

Jika pada umumnya sate diberi bumbu yang bermacam- macam. Sate klatak hanya diberi sedikit bumbu garam dan ketumbar serta dinikmati dengan kuah gulai , kecap dan juga nasi.

3.Bakpia Pathuk

bakpia pathuk
bakpia

Siapa tidak kenal  dengan bakpia. Camilan manis ini sudah tereknal hampir di seluruh Nusantara juga dunia sebagai oleh- oleh khas Jogja.  Sangking terkenalnya,  camilan ini sempat dibuatkan lagu pada masanya.

Bakpia bisa disebut sebagai  makanan khas jogja yang paling terkenal setelah gudeg. Atau bila bisa digambarkan, setelah  makan gudeg paling tepat adalah mencari bakpia untuk oleh- oleh di bawa pulang.

Terkenal sebagai oleh- oleh khas jogja, makanan manis ini bahkan sudah memiliki banyak cabang  di kota Jogja sendiri. Tapi bakpia yang paling terkenal adalah bakpia pathuk. Karena merupakan bakpia paing tua dan oaling legendaris dari Jogja.

Advertisement

Karena rasanya yang manis dan juga khas inilah .Membuat banyak wisatawan asing maupun lokal  tidak ragu untuk memborong oleh- oleh khas Jogja ini untuk dibawa pulang ke tempat asal mereka.

4.Geplak

geplak Jogja
geplak

Selain bakpia, camilan khas jogja lainnya yang juga sayang untuk dilewatkan adalah geplak. Camilan warna- warni  yang datang dari kawasan Gunung Kidul ini, terbuat dari kelapa dan juga gula yang dimasak bersamaan sampai berubah menjadi kalis .

Geplak kemudian  dibentuk dengan cara dikepal menjadi bulatan. – bulatan berukuran sedang dan diberi pewarna sesuai selera. Camilan yang sudah ada sejak zaman  dahulu ini sebetulnya sering dinikmati warga Jogja sebagai teman minum teh.

Hingga akhirnya menjadi salah satu kuliner khas jogja yang disukai dan akhirnya juga menjadi salah satu oleh- oleh khas kota Pelajar ini.

Geplak sebenarnya hanya memiliki satu rasa saja yaitu rasa kelapa original. Tapi seiring perkembangan zaman. Rasa geplak bertambah  menjadi beraneka rasa ,  dari rasa frambos, strawberry dan yang paling terkenal adalah rasa durian.

5.Tiwul

tiwul
Tiwul

Masih dari kawasan Gunung Kidul. Makanan khas Jogja lainnya yang tidak kalah nikmat adalah tiwul. Terbuat dari singkong yang diberi gula kelapa dan garam . Kuliner khas jogja ini dulunya dipakai sebagai pengganti nasi pada saat beras masih sangat mahal.

Disajikan dengan dibungkus daun pisang dan parutan kelapa, rasa tiwul yang manis legit  juga gurih selalu membuat penikmat kuliner Jogja selalu datang kembali. Makanan tradisional ini memang cukup sederhana, namun rasanya yang penuh nostalgia, membuatnya sayang untuk dilewatkan. 

6.Gatot

gatot
gatot

Hampir mirip dengan tiwul karena masih satu jenis jajanan pasar yang terbuat dari singkong. Gatot terbuat dari ketela yang dikeringkan yang disebut gaplek .  Gaplek yang sudah kering kemudian dikukus dan diberi taburan kelapa diatasnya. 

Rasa gatot yang manis dan kenyal juga gurih  membuat gatot sangat nikmat bila  dimakan bersama teh atau kopi hangat. Sebetulnya Gatot tidak hanya ada di Kota Jogja saja. Jajanan ini hampir bisa ditemukan di seluruh pulau Jawa.

7. Tengkleng Gajah

tengkleng gajah
tengkleng gajah

Makanan khas Jogja yang satu ini bisa dibilang adalah yang paling unik dari segi nama. Karena bisa jadi orang salah paham dengan nama gajah yang ada.

Meski ada kata gajah, bukan berarti makanan ini terbuat dari gajah. Namun gajah yang dimaksud disini adalah porsi yang besar.

Tengkleng sebetulnya dibuat dengan memanfaatkan daging sisa yang menempel pada tulang. Kemudian dimasak dengan bumbu- bumbu rempah sejenis gulai dan juga santan.

Meski sangat mirip dengan gulai. Tengkleng sebetulnya punya rasa yang lebih ringan dan tidak sepekat gulai. Bahkan cenderung gurih segar. Sehingga memiliki rasa dan rupa yang hampir mirip seperti sup.

Alasan lain dibalik penamaan tengkleng gajah adalah, karena banyaknya tulang besar kambing yang  dimasukkan ke dalam tengkleng. Makanan khas Jogja yang satu ini paling nikmat disantap dengan nasi putih hangat dan juga sambal yang pedas.

8. Sate Kere

sate kere

Selain sate klatak, sate yang jadi kuiner khas Jogja lainnya adalah sate kere. Mengapa disebut sate kere?. Karena pada saat sate ini dibuat bagian yang digunakan adalah bagian yang paling murah dan tidak terpakai yaitu gajih sapi.

Pada zaman itu harga daging sangat sulit dijangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. Atau yang biasa disebut masyarakat  kere atau orang miskin. Berawal dari kreatifitas memanfaatkan sisa daging gajih sapi inilah sate kere tercipta. Kabarnya, sate ini dulu dibuat untuk orang- orang miskin yang ingin menikmati daging sapi.

Sate ini cukup sederhana dan mudah dibuat. Hanya diolah  dari gajih sapi yang dibumbui dengan kecap manis. Sate kere akan sangat  nikmat disantap bersama dengan nasi hangat dan juga sambal. Aromanya yang sangat sedap dan juga kuat membuat siapapun ingin singgah untuk menikmatinya,.

Makanan khas Jogja diatas hanyalah segelintir nikmatnya wisata kuliner Jogja yang akan selalu dirindukan, Nah jika Anda punya waktu lebih saat liburan dan ada rencana untuk mampir ke Jogja.

Jangan  lupa mencicipi makanan diatas ya . Siapa tahu jadi makin betah dan justru  ogah pulang dari Jogja. Selamat menikmati .